5 Fitur Baru Gmail yang Banyak Membantu Penggunanya

Baca Juga

5 Fitur Baru Gmail yang Banyak Membantu Penggunanya
5 Fitur Baru Gmail yang Banyak Membantu Penggunanya - Setelah kasus keamanan data pengguna di beberapa website besar, kemudian semuanya mulai berimbas pada website dan perusahaan lainnya dan tidak terkecuali dengan Google.

Google yang merupakan perusahaan besar akhirnya mengumumkan fitur yang dirombak besar – besaran terutama pada layanan e-mail Gmail. Jika dibandingkan dengan pembaharuan tahun 2011 lalu, bisa dikatakan bahwa perombakan dan pembaharuan ini paling pasif. Ada beberapa fitur baru gmail yang ditambahkan dalam pembaharuan kali ini, diantaranya adalah seperti notifikasi prioritas, mode rahasia, dukungan mode offline yang lebih baik.

Menurut pihak Google sendiri, akan banyak membantu pengguanya serta mudah untuk digunakan, lebih cerdas dan tentunya memiliki keamanan yang baik. Karena kedepannya nanti, pengguna bisa membaca email tanpa harus membuka email satu – persatu. Selain itu, Google akan memanfaatkan kecerdasan buatan (Artifical Intelleginece AI) yang digunakan untuk memindai email pengguna. Dengan cara ini maka notifikasi prioritas akan muncul dahulu.

Berikut ini adalah 5 fitur baru gmail yang akan banyak membantu penggunanya menurut pihak google.

1. Mode Rahasia dan Keamanan (Confidential)


Fitur baru Gmail yang pertama adalah fitur Confidential yang disebut juga sebagai mode rahasia atau keamanan. Fitur Confidential ini memberikan pengguna kemudahan untu bisa mengontrol informasi dalam email yang dikirimkannya. Pengguna juga bisa mengirimkan email pada pengguna lain dengan mode [engaturan tanggal kedalwarsa (expired), artinya pesan akan menghilang secara otomatis dalam periode tertentu. Bisa dikatakan bahwa fitur expired ini seperti mengadopsi fitur massnger, email yang salah kirim juga bisa ditarik kembali dengan fitur delete massage seperti WhatsApp.

Dari keamanan, metode otentikasi dua faktor kabarnya bisa lebih melindungi data pengguna bahkan jika akun dibajak. Pesan diproteksi dengan information rights management (IRM), yang berfungsi untuk mencegah informasi sensitif. Akun e-mail yang terlindungi IRM akan ditandai.

2. Hemat Klik Tool Inbox


Untuk membalas pesan, mengatur alarm, menghapus, mengarsipkan menjadi sangat mudah karena kesemua fitur yang dibutuhkan untuk fungsi tadi sudah tersedia di badan inbox email. Cukup dengan mengarahkan kursor ke subjek email tertentu maka secara langsung akan muncul beberapa opsi untuk merespon arsip, pesan, lampiran atau sejenisnya.

Lampiran juga bisa dilihat tanpa membuka keseluruhan e-mailnya. Karena hanya melalui jendela inbox, pengguna bisa mendapati Google Calendar atau aplikasi ketiga Google lainnya. Dengan fitur ini maka tak perlu menutup jendela Gmail untuk mengaksesnya.

3. Smart Replay


Untuk fitur baru gmail ini sebenarnya dikatakan baru karena sudah bisa mendukung di dekstop. Karena memang fitur ini sudah lama bisa diakses di android, muncul tulisan seperti “I am bussy”, “got it”. Fitur ini juga banyak digunakan 

4. Pengingat Membalas Pesan


Fitur baru gmail lainnya adalah pengingat membalas pesan. Semuanya berawal karena banyaknya email masuk dan akhinrya banyak email yang terlewatkan. Untuk itu, Google menghadirkan fitur "Nudging", yang akan mengingatkan pengguna untuk menjawab e-mail. Fitur ini menandai e-mail tertentu, jika pengguna tidak menjawab e-mail tersebut dalam tiga hari. Pengguna bisa juga mengaktifkan "snooze" yang berguna menyembunyikan pesan hingga batas waktu tertentu.

5. Google Docs Offiline


Google Docs kembali hadir menawarkan mode offline, khusus pengguna yang bekerja di tempat yang terisolir sinyal internet. Penguna tak perlu takut susah mencari pesan lama, karena berkat local caching, pesan 90 hari lalu bisa mudah ditemukan. Pembaruan fitur Gmail ini, untuk sementara baru tersedia untuk pengguna GSuite, layanan komputasi integrasi aplikasi Googe dan Gmail. Untuk pengguna Gmail pribadi, bisa mencoba pembaruan beberapa fitur ini dengan cara pergi ke opsi pengaturan, lalu klik "Try New Gmail"

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon