Tutorial Cara Membuat Blog di platform Blogspot Lengkap Dari Awal

Baca Juga

Tutorial Cara Membuat Blog di platform Blogspot Lengkap - Blog sudah menjadi banyak peminatnya sekarang ini, karena banyak diluar sana para blogger yang ternyata bisa menghasilkan. Orang – orang yang sukses inilah yang kemudian memacu banyak orang utnuk mulai mencoba terjun ke dunia blogging.

Tetapi yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana tutorial cara membuat blog dari awal hingga menjadi blog yang bisa digunakan. 

Sebenarnya blog sudah lama dan termasuk bukan barang baru. Karena blog terutama blogspot sudah berkembang sebelum 2010 lalu. Bicara tentang blog, sebenarnya ada banyak platform blog yang bersifat free, misalnya saja blogspot, wordpress, tumblr, weebly atau jenis lainnya. Dan yang akan kita bahas banyak sekarang ini adalah platform blogger atau blogspot.

Tutorial Membuat Blog dari Nol

Sebelum mempelajari mengenai tutorial cara membuat blog, tentunya kita harus menentukan dulu apa tujuan menggunakan blog. Karena menjadi seorang blogger haruslah membutuhkan konsistensi dalam menulis serta memposting artikel di blog. Adapun hal yang diperlukan untuk membuat blog adalah memiliki akun google atau biasanya akun gmail. 

Selain akun Gmail, kita juga harus memikirkan apa yang nama blog. Usahakan nama blog anda bisa menjadi branding personal untuk anda sendiri, dan usahakan menggunakan nama yang sederhana agar tidak terkesan ribet, rumit atau bahkan alay. Karena nama blog yang rumit tentunya akan sulit untuk diingat oleh calon pengunjung nantinya.

Cara Membuat Blog di Platform Blogspot

Apa yang kita butuhkan ketika mengikuti tutorial cara membuat blog haruslah benar – benar siap terlebih dahulu, tujuannya adalah agar proses pembuatannya lebih cepat. Nah, berikut ini adalah cara membuat blog di platform blogspot secara lengkap dan detail.

1. Membuka blogger.com

Cara membuat blog di platform blogspot adalah dengan membuka blogger.com di internet browser yang kita gunakan. Bisa dengan google crome, mozila firefox, internet explorer atau browser lainnya. Setelah menemukan tampilan seperti ini, kita klik buat blog atau create your blog. Jangan takut berbayar karena platform ini free.

2. Login Google Account

Setelah mengklik buat blog tadi, kita akan diarahkan ke halaman login akun google. Silahkan msukan email dan passoword untuk bisa mengakses fitur selanjutnya.

3. Mengisi Form

Setelah berhasil login, kita akan diarahkan ke halaman dashbor blogger atau blogspot. Lalu akan muncul halaman seperti berikut ini. Form inilah yang perlu diisi sebagai data diri kita nantinya. Pada kolom Title silahkan diisi denga judul blog kita, pada adress diisi dengan alamat blog yang kita inginkan, dan tema sementara bisa memilih yang sudah disediakan oleh tim blogger. Satu hal yang perlu diperhatikan untuk kolom adress adalah; apabila muncul kalimat this blog adress is avaible dan tanda centang hijau, maka alamat blog tersedia dan bisa digunakan. 

4. Memposting Tulisan

Setelah berhasil mengisi form dan menekan tombol tulis blog, maka selamat blog kita sudah bisa digunakan. Untuk melihat tampilan blog, maka tinggal mengklik view blog atau lihat blog pada menu dashbor blogger. Karena masih belum ada postingan maka, halaman masih kosong dan hanya berisi tema default dari bawaan bloggernya sendiri. Maka untuk bisa meliaht postingan, maka kita tinggal menulis sesuatu pada postingan baru. Isi judul dan isinya, kemudian posting. Maka ketika melihat tampilan blog selanjutnya akan muncul postingan kita. 

Nah, begitu tutorial cara membuat blog dengan platform blogspot secara mudah dan cepat. Untuk modifikasi dan mempercantik tampilan blog akan kita bahas pada artikel selanjutnya. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon